Sabtu, 29 Januari 2011

jika aku


Jika aku

“jika boleh aku menjerit, aku ingin menjerit
Disamppingnya didekapnya.
Tidak ada satu pun yang mungkin bisa terima kau
Seperti yang tidak rela melakukan apa yang aku pinta
Aku bukan milikmu, cinta. Tapi apa kamu tau
Karna hal itulah yang membuat aku bertahan
Hingga kini”

          Tak kukira akan menjadi seperti ini, aku tetap sendiri meskipun telah ku tolak banyak lelaki karna aku sayang dia, dan apa kalian tau? Jika dibilang cinta berteppuk sebelah tangan, itu memang benar. Aku terus berusaha menjadi yang terbaik. Ku kira apa yang aku inginkan dapat terjadi, mungkinkah aku harus menunggu takdir yang mengubah nasibku tanpa bekutik? Aku berlari namun ternyata aku tak sanggup. Baru beberapa cm aku melangkah aku sudah tertatih bahkan terjatuh, yang paling miris, didepanku dia memeberikan komentar cantik kepada perempuan lain yang jelas sama sekali tak mengetahui siapa dia sebenarnya.
Inilah awal mula langkahku, menjejaki bumi mengerti cinta alami.

          Aku menjerit keras lalu memegang erat ponsel yang aku bawa. Seseorang mencoba merebut paksa ponsel ku. Sekencang mungkin aku mencoba memberikan perlawanan. Namun naas, ponsel yang baru beberapa hari menjadi milikku, raib diambil seseorang yang entah siapa.
          Dengan tampang lesu, aku berjalan menuju sebuah taman yang terletak dekat dengan sekolahku.
          Aku duduk sambil terdiam, aku buka ponsel ku yang lain.
          “pencuri bodoh, kalau laaper bilang! Jangan sembarangan ambil handphone orang gitu dong! Enggak sopan” gerutuku.
          “dehidrasi mbak?” tanya seorang lelaki yang menatap keringat ku seperti wanita yang habis lomba lari marathon.
          “huuuuuuhh!” keesal ku tanpa meliaht lelaki itu.
          “ouuwwww” persingkat lelaki itu lalu dengan santai duduk di sampingku. Sementara aku masih tertunduk dan membayangkan 3 hari ku bersama ponsel baru ku.
          Lantas aku palingkaan pandanganku kearah lelaki itu, engg-ingg-engg. Kalian tauu? Dia adalah cowok yang aku taksir dan aku belabelain nolak cowok lain karna dia. Cowok aneh, cuek, enggak ada modal buat pacaran, jutek, gilakk, lucu, gokil (menurut guee).
          “eh kamuu” cela ku bicara lebih lembut.
          “jadi diri kamu yang asli aja kali, kaget yaa deket- sama cowol cool kaya gue” santai lelaki itu.
          “apaan si kamu Dion! Kamu pikir lucu apa!” kesal ku.
          “maaf kan dakuuu” candanya lalu mulai bertanya permasalahnya. Singkat aku jelaskan kejadian yang baru saja terjadi. Herannya dia malah terkikik sendiri mendengar celotehku pada pencuri itu.
          “kamu ketawa?”
          “kamu lucu. Apa kamu enggak pikir, kamu lebih milih mana? Kehilangan orang yang kamu sayang atau ponsel kamu itu? Pikir kedepan , dibalik suatu kejadian pasti ada hikmah nya kok. Don’t be afraid, santaiii kan masih ada ponsel yang lain? Ia enggak??” bijak Dion.
          “thank’s yaah” senyum ku.
          “btw, kamu sedih gara-gara di dalem itu ponsel ada foto aku yah?” canda Dion kembali.
          “akkkhh udahlahh, aneh kamuu”
          Inilah aku, panggil aku Eca, sebenernya namanya Rahesya cuman lebih simple di panggil pake nama itu. Tadi yang barusan berbincang sama aku, dia itu orang yang akku harap jadi boyfriend aku, tapi malah sebaliknya. Kejadian yang terjadi barusan cukup membuat aku senang, karna da dia disamping ku, sayangnya kejadian itu tak begitu lama. Beberpa menit kemudian, 3 sahabat Dion datang dan merampasnya dari ku.
          “menyebalkan” ucap ku melihat keadaan sampingku yang hampa. Padahal aku berharap, aku bisa di bonceng sama dia sampe ke sekolah pake sepedanya (romantiskaaann??).
          Kesekolah sendirian, udah kejadian yang terjadi sebelum sekolah ini membuat aku jengkel setengah mati.
          Brrukkk….
          Dentaman keras terdengar jelas dari suara tas ku yang aku lempar, itu belum cukup untuk mewakili perasaan ku karna kejadian tadi.
          “hoaaaammmzz” aku menguap lebar. Aku menghampiri salah satu sahabatku lalu duduk disampinya.
          “setrika tuh muka, jangan Cuma baju lu ajaa” singkat Atsa sahabatku sambil mendorong pundakku.
          “ah kamuu. Tadi handphone aku dijambrett tau enggak! Terus tadi aku nenangin diri di taman dekat sekolah, ehhh terus ada Dion tapi gara-gara sahabat-sahabat dia dan dia ambil Dion gitu aja. Hihhh apa mereka enggak liat aku yaa? Nyebelinn. Coba tadi enggak ada mereka, mungkin aku bisa dianter dia sampe sekolah. Di boceng pake sepeda bututnya” tawaa ku yang disusul oleh tawa Atsa.
          “bisa ajaa luu Ca!”
          Pelajaran dimulai, hahh pelajaran matematika dan gurunya udah tersohor sebagai giri killer hihi. Garing denngerinnya, aku lebih memilih membaca novel yang aku bawa dari rumah. Tanpa banyak ba-bi-bu, aku pun langsung merangkap buku matematika ku dengan buku novel itu. Dengan santai aku berpura membaca.
          “gilakk lo ya Ca, disaat kaya gini masih sempet ajaa baca novel”. Memang seorang Eca yang jail ini paling suka sama baca novel, dan enggak pernah bisa diajak serius sama pelajaran matematika. Tapi giliran masalah CINTA beeeeuhh jangan ditanya. Pengalamannya beeejibunnnn (lu kira busa bejibunn) sekalinya ngerasain falling in love atau berharap cinta dia bakal jadi Eca yang bener-bener deeeewaaaasaa.
          “bawel luu” balass ku berbisik. “udah sana dengerin itu guru, kalau ada sesuatu yang terjadi miscall yeee” candaku sambil meneruskan membaca.
          Akhirnya bel istirahat berdering keras. Aku pun langsung beranjak pergi dari kursiku.
          “dionn?” tebakku.
         
          Apa kalian tau, cinta yang indah adalah cinta yang masih bisa tersenyum padahal seorang yang dia sayng jelas memilih yang lain. Jujur, jika itu terjadi aku tak rela. Mungkin aku memang anak yang begitu keras kepala, tapi ini cintaku. Rasa ku besar untuknya, bahkan aku berharap suatu kecelakaan terjadi padanya dan hanya ada aku melindunginya. Aku ingin melakukan suatu yang terbaik untuknya, aku mengharapkan itu dan percaya jika tuhan akan mendengarya. Dion melihatku dan aku pun langsung berbalik arah memutar arah jalanku yang semula ke perpustakaan menjadi ke kantin. Bingung, apa yang harus aku katakan dihadapnya? Penting ya, jika aku bertanya kabar? Yang sudah jelas tergambar dari wajahnya yang suda bisa menggambarkan keadaannya.
          Lebih baik akuu diam, aku alihkan pandangan ku pada jam tangan ku dan memastika sisa waktu istirahat ku tersisa 12 menit lagi.
          “lebih baik aku bersantai di balkon kelas dan membaca novel ku hingga tamat” dalam benak aku berbicara.
          Sambil berssenandung aku pun berjalan santai menuju kelas ku. Terpampang jelas, pemenang lomba bahasa inggris yang diadakan beberapa hari lalu. Disna tertera jelas nama Dion, Dion Putra Rahandja. Aku tersenyum sendiri sambil menyentuh tulisan nama lelaki itu. Tapi sayang nama ku tak ada (cacciian dee looe). Ku teruskan langkahku. Aku duduk di salah satu anak tangga menuju kelas ku, mengubur keinginan ku untuk membaca novel tersebut.
          “hahh, kapan yah yang aku harapkan terjadi?” pintaku dalam hati.
          “heh nenek lampir, kemana aja luu! Gue carriin tau enggak. Tau nya ada disini!” celetuk Atsa lalu duduk disampingku.
          “kenapa kengenn?” candaku.      
          “loe nangiss Ca?” tanya Atsa melihat aku yang suram.
          “apa aku enggak layak buat Dionn?. Apa aku enggak sesempurna mantan dion sebelumnya yah? Aku emang jelek yah Tsa? Dan apa aku harus ancem dia supaya ngerti apa yang aku rasain?” tanya ku bingung, aku pun laangsung memeluk Atsa dan menangis di peluknya (ini nih gunanya sahabatJ)
          “enggak Ca, lo enggak perlu jadi orang lain. Dan apa si untungnya kamu nunggu anak so-cool itu? Hah? Buang-buang tenaga kamu tau enggak. Sumpah yah, gue enggak akan pernah rela kalo ada seseorang yang bikin hidup sahabat gue jadi biingung kaya gini” kesal Atsa sambil berkomentar.
          “tapi Tsaa” sanggah ku.
          “apaa? Enggak tega?. Masih banyak yang antri jadi pacar kamu. Bodoh banget kamu ngarepin diaa!” kesal Atsa padaku.
          “terusss aku mesti gimana? Aku terlanjur SAYANG sama diaa” keras ku sambil terisak di dada Atsa.
          “gue kaya gini karna gue peduli sama lo Ca!. dunia tuh lebar, masih banyak stok cowok tau enggak! Dan mngkin jauh lebih baik dari padaa Dion!” sentak Atsa.
          Aku tak kuat lagi, aku berlari meninggalkan Atsa. Semua teman yang aku lalui, terheran melihat air mata yang membasahi pipiku. Aku tak berniat menghapus air mataku, aku hanya ingin Dion melihat ini. Aku ingin membuat Dion sadar kalaau akuu, sukaa diaa.
          Tak berselang lama, aku pun menemukan salah satu kursi kosong di dekat koridor sekolahku. Seorang Eca yang tegar, enggak akan menangis. Ucap ku dalam hati namun naas nya kata-kataku tak berarti sama sekali. Aku terus terdiam sendirian, dan untungnya di tempat aku sendiri, dapat dikatakan sepi. Bel masuk berbunyi, terdengaar jelas di telinga ku dan lumayan membuat ku kesal.
          Perlahan, aku menghampiri kelas ku. Yang sudah dapat dipastikan pasti aku terlambat masuk kelas, yahh walaupun Cuma 5 menit. Melihat keadaan ku yang lemah ini, berlari merupakan hal yang tidak mungkin aku lakukan. Terpaksa aku berjalan tertatih. Memang, semenjak aku mengenal Dion, pikiran ku sangat terkuras karna terus mengingatnya. Aku sering berangan-angan, ada Dion di sampingku, dan itu adalah hal yang tidak mungkin.
          “tok tok tokk..” aku mengetuk pintu kelas ku perlahan.
          “dari mana kamu?” tanya salah satu guru paling nyebelin.
          “ehm maaf bu, tadi saya sakit” alasan ku seadanya.
          “baiklaah duduk!” untung guru itu tak menghukum ku dengan salah satu tindakan yang mungkin bisa buat aku pinsan mendadak.
          Hah, aku bosan dengan pelajaran ini. Bahkan aku begitu tak bersemangat dengan pelajaran ini, pelajaran matematika. Aku tatap papan tulis dengan pandangan kosong. Aku putuskan untuk mencuci muka ku ke kamar mandi, mungkin aku akan jauh lebih baik.
          “bu, saya izin ke kamar mandi ya bu” pinta ku.
          “ya” singkat guru itu tanpa melihat sedikitpun paras ku.
          “huh jutek” hatiku bergemuruh.
          Dengan santai aku ke kamar mandi, sekaligus dengan sengaja berjalan pelan. Sambil berkhayal tentang,yahh siapa lagi kalau bukan DION. Hari ini aku belum liat dia sama kawan-kawannya ngumpul di kantin. Hari ini benar-benar hampa, tanpa Dion.
          Sampai di kamar mandi, langsung aku basuh wajah ku dengan air yang bersuhu ruang. Sambil bercermin, aku semprotkan cologne pada tangaku. Aku pukul kedua pipiku bersamaan  sambil menarik nafas.
          “hari iinii, memilukan” ucapku berbicara di depan kaca.
          “jahat banget si diaa, dasar laki-laki jutek. Aku kira tindakan dia nenangin aku tadi karna diaa,,,,, hahh tidak mungkin, tidak mungkin orang se dingin Dion merasakan cinta aku yang bener-bener tulus ini. Dion, dion, kamu tuh kaya misteri baru buat aku tau enggak!” tambahku.
          Bergegas aku pergi kembali ke kelas ku sambil memasang i-pod ku. Dan untungnya,, bel berbunyi 3 kali, disusul dengan pengumuman. “bagi siswa dan siswi sekolah DIAMOND internasional school, dipersilakan pulang karna akan ada rapat penting. Atas perhatianya, terimakasih”. Semua siswa bersorak senang dan segera mengambil tas mereka masig-masing lalu bergegas keluar sekolah.
          “oww” singkatku mendengar pemberitahuan barusan.
          “ca, cepet balik!” pinta Atsa lalu menarik tanganku.
          “ia..iaaa”
          Kami pun pulang bersamaan. Tapat di depan ku, terlintas Dion dan sepedanya. Hah, coba aku bisa di bonceng dia, seandainyaaa.
          “ECAAAAAAA!” teriak Atsa sambil menepuk pundakku.
          “eh iaa” jawab ku canggung.
          “jangan ngelamun aja dong! Ahh kamu kenapa si? Hari ini aneh banget! Loe takut bilang kalo handphone loe di jambret? Oke lah gue Bantu ngomong! Hidup lu repot yeeee” garing Atsa yang membuat aku senyum seadanya.
         
          Aku sampai tepat didepan rumahku, rumahku neraka ku. Itulah sebutan yang tepat untuk rumah ku ini, rumah yang lumayan besar dengan model classic dan isinya pun yang sangat classic, di penuhi dengan vas vas besar , dan tanpa penghuni kecuali aku dan ke empat pembantuku.
          “enggak perlu Bantu aku ngomong! Lagian bonyok aku enggak akn ada dirumah”
          “oke deh, aku pulang duluan yah Ca, sampe ketemu besok. Daahhh” salam Atsa padaku.
          Aku tak berkutik lalu langsung masuk ke kamarku.
          Sementara pembantuku ku ribut menawarkan ku berbagai macam, seperti makan lah ini lah anu lahhh. Huh bosannnn.
          Lagu-lagu boys like girl terdengar jelas di telinga ku, aku mulai mengalihkan duniaku, berpindah ke dunia maya yang aku pikir akan jauh lebih baik dari hidup ku ini, yang penuh dengan kesengsaraan. Nyokap gue? Kerja , bokap juga sama. Pulang ke Indonesia Cuma 3 bulan sekali, emang duit ngalir tapi yang gue butuhin kasih sayang mereka. Hah coba mereka tau.
          Biarkan beberapa lagu terdengar keras bahkan aku bergeleng seirama dengan lagu ini. Sayangnya saat internet ku sudah connect, Dion lagi dalam masa enggak on . MENYEBALKAN. Semua orang yang aku butuhin enggak ada, Atsa enggak mungkin bisa diajak jalan hari ini, dia ka nada jadwal les piano hari ini, sedangkan aku yang pada hari ini lagi enggak ada jadwal les harus di rumah, hingga memupuk rasa bosan.
          “mesti ngapain coba kalau udah gini” bingung ku dalam hati.
          Aku beranjak dari kursi dimana aku duduk tadi, meninggalkan rumah dan pergi ke tempat dimana aku bisa menjerit bahkan menangis.
          “mau kemanaaa? Bingungg ahh”, tapi aku keburu melangkah pergi dari gerbang rumahku.
          Ku paksakan diri ku untuk pergi ke salah satu mall, hanya sekedar menyegarkan otak atau membeli novel-novel terbaru yang ada.
          Hanya sendirii,,
          Di kanan-kiri ku aku melihat sebuah senyuman yang berasal dari sebuag pasangan. Ingin rasanya, sekali saja merasakan apa yang mereka rasakan. Seumur hidupku, aku tak pernah merasakan kebahagiaan. Dan mungkin jika memang ada, itu tak berjalan lama, karna setelah itu akan mendapatkan jalan berbatu tajam, yang mau atau pun tak mau aku harus melewatinya, meski aku harus menangis.
          Setelah 3 jam lamanya aku mengkabiskan waktu ku di sana, aku putuskan untuk pulang. Kembali dengan desahan.
          Seseorang melihat ku dari atas hingga bawah, ketika aku melangkah menuju parkiran mobil.
          “apa sih”, kesal ku langsung beranjak masuk ke dalam mobil dan mulai mengendarainya.
          Ku biarkan lagu boys like girl terdengar jelas di tape mobil ku. Tiba-tiba ponsel ku bergetar hebat.
          “nona dimana??”, sahut salah seorang yang berbicara di balik ponselnya.
          “bawel ahh. Aku lagi di jalan mau pulang”, lantang Eca.
          Ku kendarai mobilku melaju cepat di jalan raya.

          Keesokan harinya……
          Tak seperti biasanya, Atsa datang ke rumahku. Ia nampak bergegas menghampiri ku untuk memberikan sebuah surat ber amplop biru muda.
          “apaan ni?”, heranku sambil memutar mutar suratnya.
          “tau tuhh. Tiba-tiba di kotak surat depan rumah gue udah ada itu Sa!”, santai Atsa.
          “hah? Ini surat buat gue kok di kirim ke loe si Sa?”, kembali ku heran.
          “auuuuuu ahhh. Udah yuuk kita berangkat. Liat deh sekarng udah jam berapa”, kata Atsa sambil menoleh ke arah jam tangannya.
         
          5 bulan mengenal Dion..

          Aku merasa lelah untuk tetap menunggu Dion di sini, di relung hati gue yang masih menunggu datanya Dion di hati gue.
          Hari ini sekolah ku tidak berjalan full seperti biasanya, tepat jam 10 pagi , semua murid telah dipulangkan, dengan alasan yang tak jelas. Seperti biasa aku menunggu jemputan ku datang, karna kebetulan mobil ku baru saja mengalami kecelakaan, dan untungnya aku selamat J.
          Ada Dion di sana, berada 100 meter dari tempat di mana aku berdiri sekarang, Atsa malah menatap Dion dengan pandangan ketus sambil memalingkan wajah ku agar tak menanggapi curian pandang seorang Dion.
          “sa, boleh pinjem pundak???”, pelan ku sambil menghampiri pundak Atsa dan bersender.
          “loe oke kan Ca? tiba-tiba kaya gini?”,
          Aku sama sekali tak menjawab pertanyaan Atsa barusan. Di pikiran ku hanya berisi oleh pandangan dan bayangan Dion, dan aku tau pasti jika Atsa mengerti apa yang aku rasakan kini.
          “tunggu sini yaa Ca, gue mau ada perlu”
          “oke”, lesu Eca lalu duduk membelakangi tempat di mana Dion dan kawanya bergerombol.
          Tanpa sepengetahuan Eca, Atsa menghampiri Dion.
          “heh Dion!”, kasar Atsa lalu menarik tas Dion hingga Dion berjalan mundur.
          “apaan Sa?”, heran Dion lalu melipat tangannya dan memainkan poni anehnya.
          “heh. Loe enggak ada kapoknya ya nyakitin Eca, loe rasaian enggak si yang di rasaian Eca. Kasian dia digantungin terus sama loe, loe piker enggak sakit apa? Hah? Dan apa loe tau, Eca nyimpen harapan besar ke loe, BODOH!. Dan apa ini balasan loe? Tersera loe mau piker Eca apa, pengemis cinta lahh ini lahh itu lahh, yang jelas gue enggak mau loe nyesel gara-gara sia-siain  ECA . sebenernya loe juga suka kan sama Eca? Ya kan? Dan loe pikir gue enggak tau siapa yang kirimin surat amplop biru buat Eca? Itu kamu kan, Ion?”,ketus Atsa yang membuat teman-teman Dion ikut menganga.
          “heheheee iaa Sa”, kata Dion seadanya.
          “udah cepet teembaaak dia, ayolahhh. Kesempatan enggak datang dua kali. Ngerti?”,
          “yah aku enggak ngerti gimana ngomomngnya”, polos Dion.
          “dasar loe, bilang ajaa, -eca kamu mau jadi cewe aku enggak-?”, saran Atsa.
          “ahh, Ecakan paling enggak suka di panggil KAMU?”, bingung Dion.
          “yaudahh, -Eca mau jadi cewenya Dion enggak-?”, saran Atsa kedua kalinya.
          “ahh sok imut banget”, santai Dion, membuang muka dan membuat poninya terbang terhembus angin. (cool bangett diaaa J)
          “huhhh. Ah enggak tauu llaahhh. Tersera kamuuu ajaa deh Ion!”, sambl mendorong Dion ke arah Eca duuduk.
          “kaya ada suara Dion ?”, taanya Eca dalam hati. Lalu memalingkan wajahnya kebelakang dan enggg-ingg-eengg disana ada Dion yang dalam keadaan pucat pasi.
          “udah deh Sa, loe sana dulu”, kata Dion yang bermaksud mengusir Atsa agar berada dalam radius jauh darinya dan Eca.
          “oke okee”, sambil melangkah mundur. 
          “ehhmm”, aku mulai membuka mulut ku pada Dion, setelah aku kira ini waktu yang tepat. “kamu tau, aku enggak mau maksain perasaan aku ke kamu, tersera lah kamu mau gimana nilai aku, dari kita pertama ketemu, aku udah yakin kalau sebenernya aku itu saying sama kamu, daan-“, kata-kata ku terputus lalu disambung Dion.
          “Eca mau enggak jadi cewenya Dion?, kalau enggak mau juga enggak pa-pa kok”, singkat Dion hamper pergi.
          “ehmm”, senyumku. “ia mauu”, sambungku disertai tawa.
          Rabu,17 February 2010 adalah waktu dimana Dion utaran cintanya untukku, ini yang aku tunggu, sebuah waktu yang menyatukan aku dan diaa. Hari dimana aku melepaskan benakku dan tersenyum manja disampingnya, di samping Dion. Dan mungkin Dion adalah orang yang sangat berbeda dari mantan-mantanku sebelumnya, Dion sederhana, ia selalu jadi dirinya di hadapanku, jadi dirnya yang polos, aneh, kocak dan nerveous jika ada di sampingku, jujur, aku selalu tersenyum sendiri membayangkan hal-hal itu. Aku hanya bias berharap, aku akan selalu di hati Dion. Mungkin ini semua tak kan tejadi tanpa Atsa, sahabat terbaik sepanjang masa yang pernah aku punya, aku bangga memiliki sahabat sebaiknya, aku lega jika ada di sampingnya. “Trimakasih teman”
            Kini di hidupku akan ada orang baru, ialah Dion penghias mimpiku, warnai hidupku, dia yang terindah, dia yang tak mengerti aku, tapi selalu berusaha mencari tau siapa aku sebenarnya, dan apa inginku untuknya. Inilah kisah cintaku.
           

The end J

         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar